Kamis, 18 November 2010

SOSIAL BUDAYA LANJUTAN ke2

2). Wujud Kebudayaan
a. Wujud kebudayaan mempunyai sifat yang abstrak : artinya tidak dapat dilihat tidak dapat diraba, hanya bisa diyakini keberadaannya. Bertempat di alam pikiran/ di kepala.
Misal : 1. adat istiadat setempat
2. bersih desa
b. Wujud kebudayaan yang bersifat sosial ( sosial system) adalah merupakan tindakan yang terpola dari manusia itu sendiri. Sistem ini merupakan kegiatan setiap hari manusia itu sendiri ( kegiatan pasar, kegiatan perkantoran) dll
c. Wujud kegiatan fisik : adalah merupakan seluruh hasil fisik dari perbuatan manusia dalam masyarakat, bersifat konkrit , mis bangunan , komputer, OHP dll.
3). Sistem Sosial dan Sistem Budaya
a. Sistem sosial dan sistem budaya merupakan sistem- sistem yang secara analissis dapat dibedakan:
* Sisterm sosial : sistem ini lebih banyak mengkaji pada kajian sosiologi yang mengarah kepada konsep
relasional (hubungan manusia ) sebagai pengganti penggantikonsep perilaku sosial.
Sistem sosial menjadi suatu model analisis bagi terhadap organisasi sosial ( Talkot . Peron ) sebagai sistem sosial mempunyai bagian yang saling menguntungkan, saling ketergantungan termasuk hubungan berdua kelompok kecil.
4 Hal yang harus berada dalam sistem sosial
@. Ada 2 orang atau lebih
@ Terjadi interaksi diantara mereka
@ Mempunyai tujuan yang sama
@. Memiliki struktur simbul & harapan yang sama(Person)
b. Sistem budaya ( cultural system ) Merupakan ide –ide dan gagasan manusia hidup bersama dalam suatu masyarakat. Sistem budaya bagian dari kebudayaan dalam pola adat istiadat, sistem norma, pranata yang ada di masyarakat. Proses budaya ini dilakukan melalui pembudayaan ( institutionalization) pelembagaan yang dimulai dengan meniru kemudian diinternalisasikan.
Berbagai Kebudayaan Di Indonesia
Pola Pikir Budaya Barat
* Pikiran cenderung menekankan dunia obyektif dari pada rasa sehingga membuahkan ilmu danteknologi
* Filsafat dipusatkan pada ujud dunia rasio
* Cara berpikir dalam hidup lebih terpikat oleh kemajuan material, serta teknis & ilmiah analisis
* Dasar kehidupan adalah : martabat manusia kebebasan & teknologi
ket:
*Manusia adalah ukuran segala-galanya manusia mempunyai kemampuan menyempurnakan diri yang bertitik tolak rasio , intelek , pengalaman, kemampuan sebagai ukuran dan bukan kebijakan hati. Kepuasan diperoleh lewat usaha keras sehingga persaingan keras
* Kebebasan dimulai dari sosialisasi anak dengan membiarkan membentuk dirinya sendiri dalam mengembangkan bakat , bebas dari campur tangan orang tua dan mengarah spesialisasi
* Teknologi merupakan kebutuhan manusia, teknologi menghasilkan dinamisme tentang manajemen keberanian berusaha, dan penguasaan materi.
Pola Pikir Budaya Timur
Pada intinya bersumber dari agama, menyukai intuisi dari pada akal budi. Pemikir timur lebih
menekankan segi dalam jiwa, bersifat khayalan. Timur lebih disiplin mengendalikan diri, mengedepankan keharmonisan dengan alam sebab alam memberikan makan, tempat berteduh, Keberhasilan diperoleh dengan cara meditasi, terikat dengan mistik.
Menegakan norma bersumber dari ajaran agama. Nilai kehidupan tertinggi datang dari dalam nurani seperti nrimo karena takdir, pepesten, pasrah.

Tidak ada komentar: