Kamis, 18 November 2010

SOSIAL BUDAYA LANJUTAN

Kebudayaan :
Pengertian :
Kebudayaan atau yang disebut peradapan ; adalah pemahaman yang meliputi : pengetahuan, kepercayaan , seni, moral, hukum, adat istiadat yang diperoleh dari anggota masyarakat( Taylor 1997 )

Pendapat umum sesuatu yang baik dan berharga dalam kehidupan masyarakat. ( Bakker 1984 ) Pola tingkah laku mantap : pikiran, perasaan, dan reaksi yang diperoleh dan terutama diwujudkan oleh simbul-simbul pada pencapaian tersendiri dari kelompok manusia yang bersifat universal ( Kroeber & klukhon 1950 )

Tujuan
• Mengusahakan penajaman kepekaan mahasiswa terhadap lingkup budaya, sehingga mereka lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru terutama untuk kepentingan profesinya.
• Memberi kesempatan mahasiswa untuk dapat memperluas pandangan tentang masalah kemanusiaan serta mengembangkan daya kritis terhadap persoaslan.
• Mengusahakan agar para mahasiswa sebagai calon pemimpin bangsa dan ahli disiplin ilmu masing-,asing tidak jatuh dalam sifat kedaerahan
• Menjembatani para akademisi agar mereka lebih mampu berdialog satu sama lain secara lancar

Konsep Kebudayaan
Kebudayaan berasal dari bahasa sansekerta “ budayah “ / “ bodhi “ yang berarti budi akal
atau segala sesuatu yang berkaitan dengan akal. Budaya dapat dipisahkan sebagai kata majemuk Budi & Daya yang berupa : cipta , rasa, karsa, karya ( kuncoroningrat 1980 )

3. Dimensi wujud kebudayaan
a. Dimensi gagasan , konsep, pikiran manusia. Wujud ini disebut “ sistem budaya “ sifatnya abstrak, tidak dapat dilihat berpusat pada kepala.
b. Dimensi aktifitas : disebut sistem sosial ; berupa aktifitas manusia yang saling berinteraksi,
c. Wujud sebagai benda ( sistem konkrit ) hasil daya cipta manusia yang berwujud benda

F. Kerangka Kebudayaan
• Berbagai aspek kehidupan yang seluruhnya merupakan ungkapan masalah kemanusiaan & budaya yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya ( the humanistik ) dari berbagai disiplin ilmu.
• Hakekat manusia sebagai kesatuan atau universal akan membentuk beraneka ragam kebudayaan yang masing-masing sesuai dengan masa dan zamannya Kedua masalah pokok tersebut memerlukan penjabaran lebih lanjut dengan beberapa unsur: al

1). Kebudayaan dan Unsur-unsurnya
a. Peraturan dan perlengkapan hidup manusia : ( pakaian, perumahan, transportasi) dsb
b. Mata pencaharian hidup dan sistem –sistem ekonomi (pertanian, peternakan, sistem produksi, distribusi) dll
c. Sistem kemasyarakatan ( system kekerabatan, orpol, sistem hukum, sistem perkawinan ) dll
d. Bahas ( lesan maupun tertulis)
e. Kesenian ( seni rupa, seni suara, seni gerak, seni pahat ) dll
f. Sistem pengetahuan ( pengathuan alam, fisika dll)
g. Religi ( sistem kepercayaan )

Tidak ada komentar: